BPK : Keuangan Pemda Buruk

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI), Anwar Nasution menyebutkan mayoritas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di seluruh Indonesia masih mendapatkan penilaian buruk.

“Sebagian besar LPKD baik provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia memperoleh opini buruk dari BPK,” kata Anwar Nasution saat peresmian Kantor BPK perwakilan Provinsi Banten, di Tangerang, Senin (20/10).

Anwar mengatakan, alasan masih banyaknya pemerintah daerah di Indonesia yang dinilai buruk dalam melaporkan keuangannya karena undang-undang lama tidak mewajibkan pemerintah daerah untuk menyusun laporan keuangan secara rinci.

Laporan keuangan berdasarkan undang-undang lama hanya mempertanggungjawabkan APBD yang disampaikan kepala daerah kepada DPRD berupa perhitungan anggaran daerah (PAD) yang menginformasikan jumlah anggaran untuk realisasi pendapatan dan jumlah anggaran untuk realisasi belanja.

Namun setelah ada revisi undang-undang baru, pemerintah daerah wajib melaporkan PAD tentang jumlah, jenis dan nilai kekayaan daerah dengan mencantumkan tanggalnya. Anwar menegaskan pemerintah daerah yang mendapatkan opini buruk dalam laporan keuangannya, harus memperbaiki dan membenahi berbagai kelemahannya.

Anwar menuturkan, alasan yang menyebabkan BPK memberikan opini buruk terhadap LKPD antara lain penyusunan APBD terlambat disahkan sehingga banyak pekerjaan yang dipaksakan selesai untuk mengejar akhir tahun anggaran, sistem akuntansi yang belum ditetapkan, sistem komputerisasi tidak kompatibel, dan kelemahan pada administrasi aset.

Selain itu adanya pelanggaran ketentuan dalam penggunaan anggaran, kualitas sumber daya manusia yang kurang memadai serta belum adanya fungsi satuan pengawasan untuk penjaminan mutu LKPD kepada BPK.

Sumber:www.inilah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: