Bentoel Implementasikan SAP Business Planning and Consolidation

Bentoel Implementasikan SAP Business Planning and Consolidation
Selasa, 06 Mei 2008
Oleh : A. Mohammad BS

Bentoel Group, salah satu perusahaan rokok terkemuka di Indonesia mengimplementasikan SAP Business Planning and Consolidation (sebelumnya dinamakan Outlooksoft). Tujuannya, agar secara konsisten mampu mengelola kinerja perusahaan dengan data operasional dan keuangan yang akurat dan tepat waktu, sehingga perusahaan dapat melakukan perencanaan, penyusunan anggaran belanja, forecasting, analisa dan pelaporan secara efektif. Dengan solusi tersebut, Bentoel Group juga berharap mampu mengintegrasikan perencanaan korporat dengan perencanaan departemen, membuat skenario model biaya secara cerdas, menampilkan analisa yang akurat untuk menentukan anggaran operasional berdasarkan perencanaan dan asusmsi-asumsi strategis.

Selain itu, dengan solusi itu Bentoel Group ingin mendapatkan suatu cara untuk memastikan semua hasil audit dan kepatutan terdokumentasi secara lengkap sesuai dengan garis pedoman yang ketat guna mengkonsolidasikan dan mengelola informasi perusahaan secara internal dan eksternal.

SAP Business Planning and Consolidation merupakan suatu aplikasi perencanaan dan konsolidasi canggih, yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan perusahaan akan pengelolaan anggaran belanja, perencanaan, konsolidasi dan pelaporan. Solusi ini mendukung seluruh kebutuhan perencanaan anggaran keuangan dan perencanaan operasional secara top-down dan bottom-up serta mendukung proses konsolidasi guna memastikan pengelolaan keuangan berjalan lancar dan tepat waktu dan seluruhnya dicapai hanya dengan satu aplikasi tunggal saja. Sebagai hasilnya, pengguna menjadi yakin bahwa perusahaan sepenuhnya berkemampuan untuk patuh pada regulasi keuangan yang kian ketat dan memperoleh pengakuan secara global.

Menurut Paul Ong, CIO Bentoel Group, pada tahun 2003 , Bentoel Group telah
menyusun suatu “IT Roadmap” dan memutuskan untuk membangun sistem komprehensif yang dinamakan “Be-One System”. Modul yang diimplementasikan
mencakup: modul-modul Sales and Distribution, Material Management, Production Planning, Finance and Controlling, Fleet Management and ECCS, yang telah go live pada Mei 2004. Selanjutnya, pada 2005, Bentoel Group memaksimalkan sistem yang telah terpasang dengan mengimplementasikan ASMO System (sales administration & management system) dan Mobile System (sales force automation dengan memanfaatkan PDA). Disusul kemudian dengan implementasi SAP Business Intelligence. Peningkatan dan perluasan pada sistem terus berlanjut hingga tahun 2007.

“Manfaat yang luar biasa dari solusi SAP telah didapatkan perusahaan, namun manajemen ingin memaksimalkan potensi dari solusi yang telah terpasang. Kami merupakan perusahaan yang selalu mengedepankan inovasi dan terus berupaya meningkatkan operasional perusahaan, untuk mencapai visi perusahaan, yakni menjadi perusahaan yang dihormati, menguntungkan dan pemain terdepan di bidang industri rokok dengan dominasi pasar yang signifikan di pasar domestik,“ ungkap Nico B. Tritadinata, CEO Bentoel Group.

Menurut Nico, dengan lingkungan bisnis yang menjadi kian kompetitif dan mengglobal, tidak cukup untuk sekedar mengetahui kearah mana bisnis ingin dijalankan. Kini pebisnis harus merencanakan lebih cepat dan bekerja lebih keras dengan anggaran dan sumber daya yang lebih kecil. Di saat yang bersamaan, pebisnis juga membuat kebutusan yang lebih efisien dan lebih akurat, serta patuh pada peraturan-peraturan yang berlaku. Untuk mendapatkan visibilitas yang diperlukan agar dapat memahami kinerja yang ada, dan untuk mendapatkan suatu alat guna mengembangkan strategi
efektif serta sumber daya yang mampu menerapkan strategi-strategi tersebut di seluruh jajaran organisasi, diputuskan oleh pihak manajemen untuk meningkatkan bidang Corporate Performance Management.

Setelah tim evaluasi Bentoel Group melakukan evaluasi terhadap beberapa paket software yang berkaitan dengan Corporate Performance Management, pada akhirnya mereka memilih SAP Planning and Consolidation, karena sangat mudah digunakan dan didukung dengan fitur-fitur yang canggih dan lengkap.

Pada tahap pertama, akan diimplementasikan proses budgeting dan ditargetkan akan go live pada awal Juni atau Juli 2008. Saat ini, proses budgeting pada Bentoel dilakukan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel. Pada tahap berikuntnya, Bentoel juga bermaksud untuk memperluas modul-modul SAP Corporate Performance Management untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan.

(swa)
URL : http://www.swa.co.id/primer/swadigital/manajementi/details.php?cid=1&id=7379

2 Responses

  1. SAP…rasanya pernah denger deh…tapi dalam dunia perbank kan….

  2. SAP musn’t implemented at bank only. It’s a system that can be implemented in any background bussiness culture.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: